Selasa, 27 November 2012

Perbedaan Website dengan Web blog

 6 perbedaan website dengan Weblog
 Share on facebook Share on twitter Share on email Share on print More Sharing Services 3
Bayak diantara Newbie yang tidak tau apa itu website? apa itu weblog? apakah ini site? apakah ini situs? apa perbedaan antara website dengan weblog? bagaimana ciri-cirinya? yang pasti blog merupakan bagian dari website tapi belum tentu Website merupakan blog, bagaimana tambah bingung? ^_^, dengan perkembangan dan inovasi  dari para Blogger (pengelola blog) terkadang sulit juga membedakan antara website dengan blog, tapi gambarannya senagai berikut:

    Pengelola: Kalau website biasanya yang punya perusahaan atau milik badan bersama, sedangkan blog milik perorangan.
    Letak isi: Kalau Website berupa halaman, sedangkan Blog isi yang baru akan menimpa atau menggantikan yang lama.
    Halaman: Website-->Terdiri dari page dengan link untuk mengakses, Blog berupa CSS (Cascading style Sheet) yaitu sistem halaman bergulir.
    Alamat: Website-->Domain dan Hosting berbayar, Blog-->Sifatnya gratis
    Template: Website-->Variatif sesuai dengan keahlian si pembuat website, Blog-->Menggunakan template yang sudah disediakan.
    Tujuan: Website--> Komersil, sarana promosi, Blog-->Tempat menyalurkan ide, krease, aspirasi

Perbedaan yang saya utarakan diatas sebenarnya tidak mutlak dan baku tapi bersifat keumuman saja seperti saya sampaikan pada paragraf pertama dalam artikel ini yaitu dengan perkembangan dan inovasi  khusunya dalam dunia Blogger, sehingga sebuah blog hampir mirip dengan sebuah website.

website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.
Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.
Beberapa website membutuhkan subskripsi (data masukan) agar para user bisa mengakses sebagian atau keseluruhan isi website tersebut. Contohnya, ada beberapa situs-situs bisnis, situs-situs e-mail gratisan, yang membutuhkan subkripsi agar kita bisa mengakses situs tersebut.
Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
dalam perkembangannya sebuah webiste sering kali bersifat statis dan aplikatif, sedang sebuah blog bersifat dinamis dan personal menurut opini saya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar